14.000 personil Polda Metro amankan demo BBM

0
30

Jakarta mulai digoyang aksi demo besar besaran menolak kenaikan harga BBM bersubsidi. Para pengunjuk rasa dari buruh menolak tudingan jika aksi ini sebagai upaya untuk menggulingkan pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

RRI Jakarta- Jakarta hari ini digoyang aksi demonstrasi besar besaran menolak rencana pemerintah memberlakukan harga baru BBM bersubsidi pada 1 April.

Aksi demo yang dilakukan kaum buruh di ibu kota DKI Jakarta hingga siang ini menyebabkan jalur protocol lumpuh.

Kemacetan terjadi mulai dari depan gedung RRI di jalan Medan Merdeka Barat hingga berbuntut ke kawasan Semanggi.

Busway koridor Blok M Kota juga nampak tidak bergerak setelah para pendemo memenuhi jalan medan merdeka barat tidak jauh dari Istana Negara hingga tidak bisa dilalui kendaraan.
Pantauan RRI Jakarta, polisi berjaga jaga di depan Istana Negara yang sudah dikelilingi pagar kawat berduri. Sejauh ini aksi demonstrasi masih berlangsung aman.
Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSPSI) menepis tudingan jika aksi buruh ini sebagai upaya untuk menggulingkan pemerintah Susilo Bambang Yudhyono-Boediono.

“Saya heran kenapa ada yang berbicara seperti itu. Itu bukan domain kami,” kata Andi, Rabu (21/3/2012).

Kata dia, buruh hanya berharap pemerintah mengerti atas kondisi ekonomi masyarakat saat ini. Menurutnya, masyarakat pasti akan terbebani jika memang pemerintah tetap menaikkan harga BBM per 1 April mendatang.

Andi menambahkan, demo dilakukan sebagai bentuk perjuangan membela nasib buruh. Dia menilai buruh sebagai bagian dari masyarakat yang akan terkena langsung dampak kenaikan BBM.
“Kami hanya ingin memperjuangkan nasib buruh dan masyarakat yang terkena dampak kenaikan BBM,” ujarnya.

Tambahnya, massa buruh yang akan turun ke jalan sebanyak 25 hingga 30 ribu orang. Mereka akan berkumpul di bundaran Hotel Indonesia sejak pagi. Kemudian, masa akan long march menuju Istana Merdeka.

“Tapi massa bisa saja bertambah, jika memang aspirasi kami tidak didengarkan,” ungkapnya.

Di depan Istana, buruh akan meneriakan aspirasinya. Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan menuju gedung DPR di Senayan. Di sana, mereka akan mempertanyakan, kebijakan wakil rakyat yang menyetujui kenaikan harga BBM.

14.000 Polisi Dikerahkan

Untuk mengamankan jalannya aksi demonstrasi, sebanyak 14 ribu personil Polda Metro dikerahkan.
Kapolda Metro Jaya Inspektur Jendral Polisi Untung S Rajab akan mengajak buruh, mahasiswa dan rektor menyusul maraknya aksi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Saya akan bertemu kelompok buruh dan pengurus, serta akan berdialog dengan mahasiswa dan rektor,” katanya wartawan di Polda Metro Jaya, Rabu (21/3/2012).

Selain mengajak dialog, Kapolda saat ini mengaku sudah mengerahkan anggotanya untuk mengamankan demo Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kita sudah kerahkan anggota 4000 ribu personil, demo itu sudah pemberitahuan kita buat perkirakan. Kita sudah lakukan penjagaan di rute ataupun tempat mereka memberikan aspirasinya,” ucapnya kembali. (bp-a1/asm/psb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here