Tim SAR lanjutkan evakuasi korban longsor di Bogor

0
27

Sebanyak empat bangunan rumah yang dihuni 12 kepala keluarga hancur tertimpa tebing bangunan rumah yang longsor pada hari Minggu (26/2) pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

RRI Jakarta- Upaya evakuasi korban longsor di Kampung Padasuka RT 4 dan RT 5 RW/12 Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat kembali dilanjutkan Senin pagi.

Tim SAR gabungan dari TNI/Polri, Pemadam Kebakaran, Tagana, PMI Kota Bogor telah turun sejak pukul 08.00 WIB untuk melakukan upaya evakuasi.

Namun, beratnya medan, karena padatnya lokasi, tanah yang labil dan bangunan yang masih berpotensi bergeser menyulitkan petugas menemukan korban.

“Kita masih kesulitan untuk mengevakuasi korban karena medan memang cukup sulit. Bangunan-bangunan ini harus diangkat. Jadi, harus secara manual,” kata Kepala UPTD Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas.

Teo mengatakan perlu alat berat untuk mengangkat bongkahan bangunan yang rubuh. Namun karena lokasi sempit tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat.

Proses evakuasi dilakukan secara manual, anggota Tim SAR harus bergerak dengan menggunakan alat seadanya untuk mencari jasat korban.

Peristiwa longsor terjadi Minggu (26/2) pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Sebanyak empat bangunan rumah yang dihuni 12 kepala keluarga hancur tertimpa tebing bangunan rumah yang longsor.

Satu korban bernama E Fatimah (70) tahun masih berada di antara reruntuhan bangunan. Menurut Andri anak korban, ibunya tidak sempat menyelamatkan diri karena sedang sakit dan terkena stroke.

“Waktu kejadian ibu saya sedang ada di dalam rumah usai makan bubur di warung. Kejadiannya cepat sekali, jadi kita tidak sempat menyelamatkan ibu,” katanya.

Menurut Andri, sebelum kejadian, sudah terlihat tanda-tanda keretakan di dinding turap yang menahan tiga rumah yang ada di depan rumahnya.

Retakan dinding turap tersebut tiap hari makin melebar bahkan sudah mengeluarkan air.

“Kita sudah melaporkan ke pihak kelurahan ada retakan di rumah. Rencananya Senin (27/2) ini mau di cek sama orang kelurahan. Tapi belum sempat undah kejadian duluan,” katanya.

Sebelumnya peristiwa longsor juga terjadi di Kampung Lebak Kantin RT 02/RW05 Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, pada Rabu (22/2) malam. Korban satu orang bernama Aryadi usia 70 tahun. (bp-a1/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here