Pengiriman psikolog ke lokasi musibah puting beliung

0
72

Pemerintah Propinsi DKI Jakarta akan mengirim tenaga psikolog ke lokasi musibah angin puting beliung di Kepulauan Seribu. Angin putting beliung yang melanda Kepulauan Seribu, Rabu (25/1/2012) menyebabkan kerusakan terhadap sekolah-sekolah dan fasilitas lain. (Foto:ilustrasi)
Angin putting beliung yang melanda Kepulauan Seribu, Rabu (25/1/2012) menyebabkan kerusakan terhadap sekolah-sekolah dan fasilitas lain. (Foto:ilustrasi)

RRI Jakarta- Puting beliung di Pulau Seribu, Rabu (25/1) lalu, tidak hanya mengakibatkan ratusan warga kehilangan tempat tinggal. Namun, sejumlah warga setempat juga masih diliputi rasa trauma yang dalam. Dinas Kesehatan DKI Jakarta, sendiri akan mempersiapkan tim psikolog untuk dikirim ke wilayah Pulau Seribu. Mereka akan memberikan terapi pemulihan psikologis untuk warga, khususnya anak-anak.

“Banyak rumah dan sekolah yang rusak, pasti warga ada yang trauma atau stres. Makanya kita akan siapkan tim psikolog,” kata Dien Emmawati, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI saat menghadiri acara Paguyuban Werdatama Jaya, Sabtu (28/1).

Menurut Dien, untuk tim kesehatan yang dikirim ke lokasi bencana sudah ada 27 orang dokter termasuk dokter ahli. Sedangkan untuk obat-obatan serta peralatan yang tiba di Pulau Seribu sudah cukup memadai. “Tidak ada korban yang harus dirujuk ke sini. Hanya ada 42 korban yang mengalami luka ringan, dan dapat langsung ditangani di sana,” jelasnya.

Dien menambahkan, pengiriman tim psikolog masih terhalang oleh kondisi cuaca yang cukup ekstrim. Ombak tinggi disertai angin kencang, menjadi kendala dalam pengiriman bantuan. “Kita akan lihat ombaknya apakah sudah turun, kalau aman baru akan kirim timnya,” terang Dien.

Sebelumnya, saat puting beliung terjadi di Pulau Seribu, sedikitnya 459 bangunan di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan di Kepulauan Seribu, mengalami rusak. Selain itu, ada 20 tiang listrik tumbang akibat terpaan angin kencang, dan 3 sekolah rusak di antaranya SD 01 Pagi Pulau Harapan, SD 01 Pagi Pulau Kelapa, dan SMP 260 Jakarta di Pulau Harapan. (bp-a1/bj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here