Bupati: Relokasi korban masih wacana

0
64

Bupati Serang belum memastikana akan merelokasi korban banjir.

RRI Jakarta- Sejumlah korban banjir di Kecamatan Keragilan Kabupaten Serang meminta kepada Pemkab Serang, agar melakukan upaya relokasi terhadap warga yang berada di bantaran sungai Ciujung.

Pasalnya jika hujan lebat datang, rumah warga di kawasan ini selalu terendam banjir.

Menurut salah satu warga kampung Meang Keragilan Hidayat, dirinya sudah mengalami dua kali kebanjiran. Namun belum ada niatan pemerintah untuk mengalihkan perumahan warga.

Adapun jika Pemkab memunculkan wacana untuk merelokasi warga, Hidayat mengatakan, dirinya sangat merespon baik niatan tersebut.

Senada di sampaikan warga kampung Undar Andir Mashudi, jika semua warga menginginkan perpindahan lokasi rumah sepertinya warga tidak mempermasalahkannya.

Namun hal itu harus di lakukan atas musyawarah bersama dengan pihak terkait. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan di masyarakat nantinya.

Menanggapi keluhan warganya itu Bupati Serang Akhmad Taufik Nuriman menyatakan, pemerintah akan mengkaji keinginan yang di sampaikan warga.

Tapi keinginan tersebut tidak di jadikan tolak ukur untuk di di respon secepatnya. Pasalnya bukan tidak mungkin usulan tersebut hanya datang dari sekelompok orang tertentu. Sedangkan warga yang lainnya malah justru ingin tetap bertahan di lokasi tersebut.

Bantuan terus mengalir

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat menyerahkan bantuan dana siap pakai sebesar 1 miliar kepada Pemprov Banten, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten.

Selanjutnya bantuan tersebut akan di pergunakan untuk penanganan darurat banjir di Provinsi Banten. Sementara bantuan diterima langsung oleh Gubernur Banten dari Kepala BNPB Pusat Samsul Ma’arif.

Kepala BNPB Pusat Samsul maarif Usai mengamati langsung Lokasi Banjir di Kabupaten Lebak dengan menggunakan helicopter mengatakan, selain menyerahkan dana siap pakai sebesar 1 miliar, pihaknya juga memberikan bantuan logistik dan peralatan lainnya senilai 2,9 Milyar.

Menurutnya, sebagian banjir saat ini telah surut di beberapa wilayah di Provinsi Banten.

Namun, di beberapa wilayah masih tergenang banjir seperti di Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Tangerang. BNPB terus melakukan pendampingan terhadap BPBD Provinsi Banten dan BPBD kabupaten/kota dalam penanganan darurat banjir, baik pendampingan administrasi, manajerial, logistik, peralatan dan pendanaan.

Wakil Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, Pemprov Banten bersama BNPB dan BPBD terus melakukan penanganan darurat bencana banjir berupa manajemen maupun pengerahan logistik dan peralatan.

Menurutnya, Para petugas yang dibantu TNI dan Polri juga mengevakuasi masyarakat yang rumahnya tidak memungkinkan untuk ditinggali karena terendam banjir.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Banten Suyadi Wiraatmadja menyatakan, kondisi daerah yang terkena banjir di tiga daerah sudah mulai surut namun masih ada genangan-genangan air dengan Ketinggian air yang bervariasi antara 30 hingga 50 cm. (bp-a1/nsj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here