Ahli Bencana di Dunia bahas Peta Bencana di Indonesia

0
43

Written by Administrator
Sunday, 08 August 2010 05:29

Jakarta – Puluhan pakar siaga bencana dari 22 negara berkumpul. Mereka dari kalangan pemerintah, LSM, swasta, akademisi dan berbagai elemen lain. Tujuannya membahas kondisi Asia-Pasifik yang rentan bencana termasuk Indonesia.

“Penyelenggaraan workshop ini guna berbagi pengalaman terbaik menanggulangi bencana. Indonesia memiliki bukan hanya ‘laboraorium’ bencana, juga komitmen yang lebih baik menanggulangi kesiapsiagaan bencana,” kata kepala badan PBB yang mengurusi soal kemanusiaan Indonesia, Ignacio Leon-Garcia, di sela-sela workshop di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (5/8/2010).

Menurutnya, Indonesia termasuk yang paling cepat saat menanggapi bencana seperti banjir, gempa bumi atau kekeringan. Bahkan, ia memuji langkah pemerintah yang melembagakan penanganan bencana dalam bentuk undang-undang.

“Sebagai negara, penting dalam hal penanganan bencana yang baik. Di tingkat nasional seperti membentuk kapasitas legal UU bencana yang tidak dimiliki negara lain,” ucapnya.

Nantinya, hasil workshop yang berlangsung 2 hari itu akan dibawa ke tingkat yang lebih tinggi dan dipertemukan dengan diksusi serupa di kawasan Afrika, Eropa dan Amerika. Tujuannya untuk membangun kerjasama menangani bencana di level nasional, bilateral maupun di forum PBB.

“Ini penting. Indonesia patut diapresiasi (dalam hal siaga bencana). Tim penanganan bencana banjir yang diterjunkan di Pakistan, menunjukan itu” tegas pria asal Spanyol ini.
Last Updated on Saturday, 07 August 2010 11:42

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here