Tangkap Calo SIM, Dapat Rp 100 Juta

0
54

Written by Administrator
Thursday, 12 November 2009 05:53

Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Gatot Subroto, optimistis Kantor Samsat SIM di Daan Mogot bebas calo. Dia bahkan menantang warga dengan sebuah sayembara.

“Kalau memang masih ada, bawa calo itu ke saya, akan saya beri uang Rp 100 juta bagi warga atau pemohom SIM yang menyerahkannya,” katanya kepada wartawan, kemarin, Senin, 2 November 2009.

Gatot meminta warga yang berhasil menemukan calo agar segera melapor ke Pos Pengaduan Pelayanan Masyarakat di kantor Samsat. “Kalau memang ada silakan dilaporkan, kami pasti akan tindak tegas dan proses secara hukum, meskipun dia aparat hukum,” katanya.

Sejumlah warga mendapat tawaran jasa calo pengurusan SIM saat berada di Kantor Samsat Daan Mogot. Seperti Geovani. Mahasiswa Atmajaya Jakarta itu didekati calo setelah dua kali gagal mengikuti tes ujian praktik untuk mendapatkan SIM. “Kalau tidak pakai calo, ya seperti saya dipersulit,” ujarnya.

I Gusti Agung Mahajaya, warga Pondok Kelapa, Jakarta Timur, juga mengalaminya. “Saya gagal di tes tertulis, tapi kemudian petugas loketnya menawarkan bantuan ke saya untuk bisa meluluskan dengan syarat tertentu,” ujarnya.

Kedua mengajukan penerbitan SIM setelah mendengar sanksi denda yang termuat dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam UU Lalu Lintas yang baru itu sanksi denda bagi pengendara yang tidak memliki SIM mencapai Rp 1 juta. Sedangkan yang memiliki SIM namun tak dibawa saat berkendara didenda Rp 250 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here