2010 Jaksel Bebas Tempat Pemotongan Unggas

0
105

Written by Administrator
Thursday, 12 November 2009 05:54

Pemerintah Kota Jakarta Selatan menargetkan wilayahnya bebas dari lokasi pemotongan unggas pada 2010 mendatang. Dalam waktu dekat, seluruh lokasi pemotongan unggas harus menutup usahanya.

Kepala Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan Chaidir Taufik mengatakan, surat edaran mengenai penutupan tempat pemotongan ayam sudah dikirimkan jauh-jauh hari kepada pengelola rumah potong.

“Pada April 2010 sudah tidak ada lagi pemotongan ayam di Jakarta Selatan,” katanya. Dia melanjutkan, kebijakan tersebut berdasarkan perda No 4/2007 mengenai pelarangan tempat penampungan dan pemotongan di lokasi pemukiman. Kebijakan tersebut diperuntukan bagi pencegahan flu burung di wilayah Jakarta Selatan.

Untuk itu, pihaknya berharap para pengusaha pemotongan dan penampungan ayam bisa segera memindahkan lokasi usahanya.

“Sesuai peraturan, mereka harus membuka usahanya di luar Jakarta,” tuturnya. Untuk wilayah Jakarta telah disiapkan lokasi penampungan dan pemotongan unggas di daerah Cakung, Rawa Kepiting, dan Pulogadung.

Saat ini, di Jakarta Selatan terdapat sekitar 90 lokasi pemotongan dan penampungan ayam, yang kebanyakan berada di kawasan Kebayoran Lama.

Untuk memenuhi kebutuhan daging ayam warga Jakarta Selatan, setiap harinya dibutuhkan sekitar 20.000 ekor daging ayam potong segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here